Berikut beberapa istilah yang sering ditemui :

- API (Application Programming Interface)
Sebuah gabungan perintah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain games dan aplikasi. Dengan adanya standar API ini, pengembang tidak hanya menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasar arsitektur hardware tertentu. Intinya, API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang (programmer) dengan hardware.

- Core Clock
Nilai frekuensi yang dimiliki oleh chip grafis pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi, maka semakin tinggi kinerjanya. Nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz), dan juga bisa ditambahkan cakupan nilai seperti Mega (jutaan) atau Giga (milyaran), dan sebagainya.

- Direct3D
Salah satu fungsi API pada microsoft DirectX. API ini digunakan untuk kontrol terhadap rendering grafis 3D.

- D-Sub
Standard output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.

- DV-I
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video pada saat dilakukan konversi dari digital ke analog dan kembali ke digital lagi.

- GPU
Graphic Proccessing Unit adalah processor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar.

- HDR
High Dynamic Range adalah prosedur pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk jangkauan area yang luas. Hal ini didapatkan dengan menggunakan data floating-point untuk tekstur dan target yang akan di-render juga termasuk penggunanaan algoritma pencahayaan yang sesuai. Meski menawarkan efek visual yang lebih menarik, namun mengaktifkan efek ini memiliki performance hit yang cukup besar bagi kebanyakan vga.

- Memory Clock
Sama juga seprti core clock, ia menunjukkan kecepatan kerja untuk chip memory. Sama, ia juga dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz).


- OpenGL
Sebuah 3D API yang didesain oleh badan standar independen. OpenGL bisa dikembangkan untuk digunakan pada model hardware apapun.

- PCI Express
PCI Express (PCIe), awalnya bernama 3GIO (3rd Generation I/O). Adalah port interface video card, pengganti AGP.

0 komentar

Posting Komentar