Istilah - istilah yang sering ditemui :

- Access Time

Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut.

- IDE

Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CD-ROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

- ATA/133

Untuk sementara merupakan standar kecepatan kecepatan transfer data tertinggi perangkat dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, Ultra-DMA/133,UDMA 6, dan lain-lain. Untuk mencapainya, dibutuhkan controller harddisk yang sudah mendukung., juga controller bus pada sisi PC ( lebih tepatnya motherboard). Sedangkan, dalam pengembangan selanjutnya adalah ATA-8 atau ATA/ATAPI 8.

- PATA/ATA

Parallel Advanced Technology Attachment, yakni sebuah implementasi komunikasi data secara paralel dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data 8-bit.

- SATA (serial ATA)

Suatu evolusi dari Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui single cable dengan minimum 4 kawat, dan terhubung secara point-to-point sehingga mencapai kecepatan transfer sebesar 150 Mbps.

- NCQ (Native Command Queuing)

Merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protokol ini, memilik banyak kesamaan dengan protokol TCQ (Tagged Comman Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI. Selain mempercepat kinerjanya, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme dari harddisk dengan memposisikan arah magnetisme di permukaan platter secara vertikal, dibanding dengan cara konvensional yakni secara horizontal. Dengan ini ruang platter untuk menyimpan data maikn kecil dan menyebabkan peningkatan densitas data yang dapat ditampung. Bahkan hingga 10x lipatnya.


0 komentar

Posting Komentar